Langsung ke konten utama

Business Relationship Management (BRM) VS Service Level Management (SLM)

Related image





Business Relationship Management (BRM)
Business relationship management (BRM) adalah pendekatan formal yang bertujuan untuk memahami, mendefinisikan, dan mendukung kegiatan antar bisnis yang berhubungan dengan jaringan bisnis.
BRM terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan perilaku (atau kompetensi) yang menumbuhkan hubungan yang produktif antara organisasi layanan (contoh: Sumber Daya Manusia, teknologi informasi, departemen keuangan, atau penyedia eksternal) dan mitra bisnis mereka.

Service Level Management (SLM)
Service level management (SLM) adalah komponen utama dalam area pengantar layanan ITIL dan membantu dalam mengukur kualitas layanan TI yang disediakan dan dinegosiasikan.
SLM dapat dianggap sebagai perjanjian yang dinegosiasikan antara pelanggan dan vendor yang dapat diterima oleh kedua belah pihak sehubungan dengan biaya dan harapan untuk mendukung proses bisnis.

Perbedaan BRM dan SLM
BRM membangun dan memelihara hubungan bisnis, mengidentifikan kebutuhan pelanggan serta menjamin penyedia layanan dapat memenuhi kebutuhan. SLM menegosiasi service level agreement (SLA) dengan pelanggan, memastikan bahwa semua proses manajemen layanan, perjanjian tingkat operasional, dan kontrak sesuai untuk target tingkat layanan yang disepakati.
BRM fokus pada strategi dan taktis, hubungan antara penyedia layanan dan pelanggan. Sedangkan SLM fokus pada taktis dan operasional, mencapai kesepakatan pada tingkat layanan yang akan diberikan untuk layanan baru dan yang sudah ada.
Ukuran utama BRM adalah kepuasan pelanggan, termasuk kemauan pelanggan untuk merekomendasikan pelayanan kepada orang lain. Sedangkan untuk SLM adalah mencapai tingkat layanan yang disepakati (yang mengarah pada kepuasan pelanggan).

https://web.archive.org/web/20100317052007/http://it.toolbox.com/wiki/index.php/Business_Relationship_Manager
https://www.techopedia.com/definition/13848/service-level-management-slm
https://purplegriffon.com/blog/brm-vs-slm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan ERP Pada Garuda Indonesia

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa (Belanda). Pada tahun 2000 di bagian keuangan mengalami kendala dalam pertukaran dan keakuratan data . Karena kemudahan yang diperoleh melalui ERP, seperti efisiensi data, keakuratan data, efisiensi waktu, kemudahaan memonitor transaksi yang berlangsung dan memudahkan karyawan dalam bekerja.( sesuai pada gambar 4.0). Selain itu, karena perkembangan bisnis sangat pesat mengharuskan PT Garuda Indonesia mengoptimalkan kinerja tiap divisi. Dorongan dari kompetitor dari PT Garuda Indonesia yaitu PT Luthansa Airlines yang telah berhasil menggunakan SAP dan terbukti berhasil juga menyebabkan PT Garuda Indonesia menggunakan SAP . ...

VR (Virtual Reality)

Virtual reality  (VR) atau  realitas maya  adalah  teknologi  yang membuat  pengguna  dapat berinteraksi dengan suatu  lingkungan yang disimulasikan  komputer  ( computer-simulated environment ), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam  imaginasi . Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan  pengalaman visual , yang ditampilkan pada sebuah  layar komputer  atau melalui sebuah  penampil stereokopik , tetapi beberapa  simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti  suara  melalui  speaker  atau  headphone . Beberapa sistem  haptic  canggih sekarang meliputi informasi sentuh, biasanya dikenal sebagai  umpan balik kekuatan  pada aplikasi berjudi dan medis. Para pemakai dapat saling berhubungan dengan suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah  artifak maya  bai...