Business Relationship Management (BRM)
Business relationship management (BRM) adalah pendekatan formal yang bertujuan untuk memahami, mendefinisikan, dan mendukung kegiatan antar bisnis yang berhubungan dengan jaringan bisnis.
BRM terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan perilaku (atau kompetensi) yang menumbuhkan hubungan yang produktif antara organisasi layanan (contoh: Sumber Daya Manusia, teknologi informasi, departemen keuangan, atau penyedia eksternal) dan mitra bisnis mereka.
Service Level Management (SLM)
Service level management (SLM) adalah komponen utama dalam area pengantar layanan ITIL dan membantu dalam mengukur kualitas layanan TI yang disediakan dan dinegosiasikan.
SLM dapat dianggap sebagai perjanjian yang dinegosiasikan antara pelanggan dan vendor yang dapat diterima oleh kedua belah pihak sehubungan dengan biaya dan harapan untuk mendukung proses bisnis.
Perbedaan BRM dan SLM
BRM membangun dan memelihara hubungan bisnis, mengidentifikan kebutuhan pelanggan serta menjamin penyedia layanan dapat memenuhi kebutuhan. SLM menegosiasi service level agreement (SLA) dengan pelanggan, memastikan bahwa semua proses manajemen layanan, perjanjian tingkat operasional, dan kontrak sesuai untuk target tingkat layanan yang disepakati.
BRM fokus pada strategi dan taktis, hubungan antara penyedia layanan dan pelanggan. Sedangkan SLM fokus pada taktis dan operasional, mencapai kesepakatan pada tingkat layanan yang akan diberikan untuk layanan baru dan yang sudah ada.
Ukuran utama BRM adalah kepuasan pelanggan, termasuk kemauan pelanggan untuk merekomendasikan pelayanan kepada orang lain. Sedangkan untuk SLM adalah mencapai tingkat layanan yang disepakati (yang mengarah pada kepuasan pelanggan).
https://web.archive.org/web/20100317052007/http://it.toolbox.com/wiki/index.php/Business_Relationship_Manager
https://www.techopedia.com/definition/13848/service-level-management-slm
https://purplegriffon.com/blog/brm-vs-slm
Komentar
Posting Komentar